Langsung ke konten utama

Kupu-kupu Jurnal ke-6

Bismillahirrahmanirrahim


FOKUS PADA KEMAJUAN

Pekan ini kami terus berjalan, tidak perlu lihat ke belakang, cukuplah jadi pelajaran. Terus melangkah maju dan fokus pada kemajuan. Saya akan mencatat kemajuan sekecil apapun. Menggunakan master mind forum antara mentor dan mentee. Saya akan bercerita berdasarkan action plan, sehingga setiap kemajuan akan bisa diukur.

Hari Jum'at
Sudah sukses apa hari ini?
Hari Jum'at bagi saya hari istirahat, hari dimana kita rehat sejenak untuk melangkah maju. Hari jum'at adalah hari libur kami, karena bagi yang tinggal di Arab Saudi, liburnya adalah Jum'at bukan Minggu. Suami ada di rumah, untuk istirahat lebih lama atau lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Walau jumat waktu libur kami, saya mengusahakan selalu untuk belajar Tahseen, murojaah kembali dan menghafal 1 ayat Alqur'an. Biasanya saya lakukan kegiatan ini setelah sholat. Selain itu, pastinya saya bermain bersama anak-anak.

Apa kunci sukses hari ini?
Tetap Istiqomah dalam jalurnya, dan pastinya waktunya lebih banyak untuk rehat. Lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga, karena ini waktu libur kami.

Ingin sukses apa esok hari?
Tetap Murojaaah, belajar Tahseen dan menambah hafalan ayat Al-qur'an.

Hari Sabtu
Sudah sukses apa hari ini?
Hari ini saya menghafal 10 ayat Alquran, alhamdulillah. Saya lakukan kegiatan ini setelah sholat.
Saya selalu bermain bersama anak-anak.
Bersyukurnya, suami tidak menuntut banyak hal, malah terkadang jika melihat istrinya kerepotan, suami melarang memasak, maka kami makan dengan membeli ayam bakar favorit kami.

Apa kunci sukses hari ini?
Konsisten dengan apa yang sudah di jalani. Komunikasi produktif antara suami dan istri.

Ingin sukses apa esok hari?
Tetap menjalani konsekuensi jalur yang di pilih, dengan terus istiqomah.

Hari Minggu
Sudah sukses apa hari ini?
Hari ini saya lebih fokus murojaah dan belajar makhorijul huruf serta sifatul huruf. Beberapa kali mengulang - ulang mendengar para Syeikh. Untuk hafalan saya sengaja tidak menambah, karena sore hari ada kelas online Islamic Center Jeddah, saya fokus mempersiapkannya. Pagi harinya saya belajar dengan mentor yang baik hati. Banyak sekali catatan yang harus saya perbaiki, in syaaAllah saya akan terus belajar,

Catatan terpenting, ternyata beda yah, belajar Tahseen dengan native speakernya langsung atau dengan orang yang mempunyai sanad Qiraah Qur'an yang beliau pun belajar dengan native speaker yang berilmu. Awalnya saya pikir, sudah cukup dan bisa dengan berbekal ilmu TPA dan TPQ saya dari kecil. Namun ternyata itu salah. Di atas ilmu masih ada ilmu. Maka jangan pernah berhenti menuntut ilmu.

Apa kunci sukses hari ini?
Sadar akan kekurangan diri, mencoba terus memperbaiki dan tetap istiqomah.

Ingin sukses apa esok hari?
Mengulang hal yang sama, dengan terus konsisten, karena in syaaAllah apa yang sudah di kerjakan sudah berada di jalur yang baik dan benar.

Karena bukankah istiqomah itu sulit. Maka permudahlah, dan lakukan.

Hari Senin
Sudah sukses apa hari ini?
Jam sore ada online tahsin juga dan ujian. saya mempersiapkan untuk itu. Siang hari nya saya murojaah hafalan.

Apa kunci sukses hari ini?
Istiqomah selalu, in syaaAllah.

Ingin sukses apa esok hari?
Menambah hafalan dan memahami makna yang terkandung dalam ayat tersebut.

Aliran rasa pekan ke 6
Resolusi tahun 2020 ini yang utama dan pertama adalah tahsin dan hafalan Qur'an. Di luar itu pastinya tetap membersamai kedua buah hati dan mengerjakan pekerjaan domestik lainnya.

Saya selalu meminta doa kepada ibu saya untuk terus istiqomah di jalan ini. Dan pastinya dengan suami juga, karena saat sudah menjadi istri pastinya ridho Allah terletak di tangan suami. Saya selalu memasang alarm di dalam diri, jangan terlalu sibuk 'mengisi' diri namun malah urusan anak terbengkalai.

Saya pernah memberikan jadwal online kepada suami yang sudah saya susun rapi dan jelas. Respon suami, "Ini tidak kebanyakan? Bukannya, kamu harus lebih fokus untuk hal parenting? Papah tidak melarang mamah untuk belajar, tapi ingat selalu anak-anak yah." jawab suami setelah melihat jadwal yang saya berikan. Memang ini jadwal cukup padat, kadang saya merasa, ko belakangan ini, malah membebaskan anak bermain sendiri, tanpa saya terlibat dalam permainan mereka, frekuensi bermain kami jelas berkurang. Akhirnya saya memutuskan untuk melepas 3 belajar online lainnya, tujuannya agar lebih fokus...

Selama memutuskan untuk fokus dengan tahsin dan hafalan, adakalanya saya mengalami rasa lelah, serasa otak sudah ngebul. Biasanya ketika mengalami ini, saya tidak memaksa diri, itu tandanya saya harus rehat. Rehat dengan cara istirahat tidur atau sekedar main games puzzle pets sekitar 15 menitan dan in syaaAllah selalu memohon kemudahan dan ke istiqomahan kepada Sang Pemilik Hati ini, Sang Pencipta Kehidupan Tiada Tanding, ALLAH SWT. Semoga meridhoi. Aamiin.


#janganlupabahagia
#belajarmerdeka
#merdekabelajar
#jurnalke6
#tahapkupu-kupu
#bundacekatan
#institutibuprofesional















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandiri di taman bermain

Kemandirian perlu diajarkan sedini mungkin pada anak. Karena perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Apabila anak sudah memasuki usia 1 tahun, seperti Tsaqifah Fahimmah Firdaus, nah wajib ni harus di latih kemandirian secara bertahap. Perlu proses waktu dan kesabaran untuk melatih anak usia 1 tahun untuk mandiri. Mandiri di taman bermain Pada seusia qifa (1 tahun 4 bulan), qifa dilatih untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga mampu mendukung qifa tertarik dengan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan yang besar akan membantu qifa untuk mengeksploirasi lingkungan dan kemampuan motorik. Selama lingkungan yang nyaman dan aman maka saya sebagai orangtuanya tidak usah melarangnya, perhatikan dan berikan pengawasan saja. Salam Ibu Profesional Irma Tazkiyya # Hari 3 # Tantangan10Hari # Level2 # KuliahBunSayIIP # MelatihKemandirian

Aplikasi Flightradar24

Saya mencoba melihat aplikasi apa saja yang sudah ada di android ini, ternyata ada satu aplikasi yang jarang saya pakai, yaitu aplikasi flightradar24. Aplikasi ini, sebenarnya lebih sering suami yang pakai, karena berhubungan dengan kedatangan pesawat atau aktivitas penerbangan.  Flightradar24 sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai keberadaan sebuah pesawat secara real-time di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, bukan hanya informasi mengenai nomor penerbangan pesawat, kita juga bisa melihat jenis pesawat yang sedang diterbangkan, darimana dan kemana pesawat tersebut terbang, hingga beragam data lainnya dimulai dari ketinggian pesawat dan kecepatan pesawat pada saat itu. Aplikasi ini bekerja dengan cara menangkap informasi yang dipancarkan dari alat pelacak yang disematkan pada sebuah pesawat terbang dan menampilkannya ke dalam sebuah visualisasi gambar. Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya cukup mudah. Ketika pertama kali d

Anak adalah Bintang. Part-6

Senang deh kalau sudah main di laut, apalagi kalau sudah ada ayunan nya. Qifa dengan gesit nya naik ke ayunan dibantu oleh papah. Setelah naik diayunkan  secara perlahan lahan, qifa happy banget...  Bermain tak hanya berfungsi sebagai penghibur dan pengusir rasa bosan bagi qifa. Kegiatan ini juga dapat mendukung tumbuh kembangnya qifa. Mainan dan bermain bisa membantu  merangsang perkembangan fisik, sosial emosional, dan kognitif qifa, agar kelak menjadi bintang. Bintang di hati mamah dan papah. #kuliahbundsay #day6 #semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang Irma Tazkiyya Jeddah, KSA