Langsung ke konten utama

Berbagi Makanan Kesukaan

APA MAKANAN KESUKAAN TEMAN KITA?

Apa kabar ulat-ulat yang cerdik cendekia? Selama satu minggu ini kita sudah melakukan aktivitas yang seru yaitu "Virtual Camp", pengalaman baru, kenalan baru dan memasuki aktivitas baru. Nah dari semua teman-teman baru yang kita kenal selama camping, kita pasti sudah memiliki catatan apa saja makanan kesukaan mereka kan?
Tahap bermain kita pekan ini adalah belajar memberikan hadiah berupa makanan kesukaan teman-teman kita. Apa value dari permainan tahap ini. Mari kita cermati.
  • Di awal kelas ulat-ulat, kita sudah berusaha memakan makanan yang kita suka. Kita masuk potluck tahap 1 kita membawa makanan yang kita suka, jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak, cukuplah dibagi ke 1 atau 2 orang teman yang lain. Andaikata tidak ada yang makanpun nggak papa, pasti bakalan kita makan sendiri, karena kita suka makanan tersebut.
  • Di potluck tahap 2, kita masih membawa makanan yang kita suka, tapi membawanya lebih, agar kita bisa berbagi kepada teman-teman yang makanan kesukaannya sama dengan kita. Kita duduk bareng dalam satu keluarga, saling memakan makanan yang sama-sama kita sukai.
  • Sekarang saatnya kita masuk potluck tahap 3. Membawakan makanan yang disukai teman-teman kita.
Berkomunitas dan belajar di Ibu Profesional itu mulailah dari sesuatu yang membuat kita bahagia. Langkah berikutnya penuhi tangki kebahagiaan kita dengan memilih aktivitas, memilih komponen yang membuat kita bahagia dan bahagia.banget Setelah tangki kebahagiaan kita penuh, barulah berbagi kebahagiaan dengan yang lainnya. Bagaimana kita akan berbagi kebahagiaan kalau kita sendiri ternyata tidak memiliki kebahagiaan yang hakiki. Bisa jadi yang kita bagikan adalah kebahagiaan semu, alias beban yang kita poles dengan senyuman dan akhirnya kitapun merasa berkorban. Ingat untuk mencapai kebahagiaan itu tidak ada yang perlu dikorbankan.

BAGAIMANA CARANYA BERMAIN?

  • Saat Virtual Camp pekan kemarin, kita sudah bertemu kenalan baru kan, coba cek lagi catatan kita dan lihat kembali apa keluarga favorit mereka dan apa makanan kesukaannya?
  • Pilihlah minimal 3 orang yang melekat di hati anda
  • Lihat makanan kesukaannya apa?
  • Kirimkanlah Makanan kesukaan mereka SECARA PERSONAL.
  • Makanan kesukaan mereka ini bisa anda masak sendiri, misal dari pengalaman hidup anda, akhirnya membuat anda cekatan di bidang tersebut, anda kemas dengan indah dan anda kirimkan dengan penuh cinta, atau
  • Boleh beli jadi di toko yang menjual makanan kesukaan teman kita, contoh anda cari di mbah google tema-tema yang menjadi makanan utama yang diperlukan oleh teman-teman kita, anda kemas secara indah, anda kirimkan dengan penuh cinta.
  • Makanan kesukaan teman kita BELUM TENTU menjadi makanan utama dan favorit kita juga. Justru disitulah kita belajar untuk memberikan sesuatu yang sebenarnya kita tidak suka, tapi sangat disukai oleh sahabat kita.
Salinglah memberi hadiah, maka kalian akan saling mencintai.

-----------------------------------------------

Minggu ini saya berbagi makanan kesukaan teman-teman yang ikut camping bareng dengan saya, diantaranya adalah:
  1. Mba Sri dari regional IP Depok. Awalnya beliaulah yang WhatsApp saya, karena menjadi salah satu teman baru yang menginspirasi. Mba Sri memberikan kegiatan anak printable dan portofolio anak. Mba Sri sendiri request hadiah ingin dibagikan Tips dan Trik Fokus Membuat Buku. Saya berikan karya saya pribadi, terkait fokus membuat buku dan ebook Asma Nadia "Perjuangan Asma Nadia Hingga Menjadi Penulis Terkenal" 
  2. Mba Astrian Sutriana dari IP Semarang, salah satu keluarga favoritnya adalah kelurga cemara. Ibu dua anak ini full bekerja di ranah domestik. Saya memberikan hadiah Resume Food Preparation dan Resume Menggendong memudahkan aktivitas sehari-hari. Alhamdulillah responnya sangat senang diberikan hadiah ini. Mba Anna sapaan akrabnya, memberikan saya hadiah worksheet bermain bersama anak sekaligus link homeschooling. Waah, saya sangat senang dengan hadiah yang diberikannya, yang kebetulan memang worksheet tersebut saya butuhkan saat ini. Di akhir perbincangan kami, beliau memohon doa agar segera di panggil ke masjidil haram, sayapun mendoakan dan memberikan resume Jelajah Asia di Saudi Arabia. 
  3. Mba Santi dari IP Suramadu, salah satu keluarga favoritnya adalah keluarga literasi, dan saya memberikannya hadiah ebook Asma Nadia "Perjuangan Asma Nadia Hingga Menjadi Penulis Terkenal"
  4. Mba Heni juga memilih keluarga Literasi sebagai keluarga Favoritnya, dan saya juga memberikannya hadiah ebook Asma Nadia "Perjuangan Asma Nadia Hingga Menjadi Penulis Terkenal"
  5. Mba Andria Lestari, senang di panggil Tari dari IP Bandung, memberikan saya hadiah terkait Self Hypnotis for Happy Parents, dan Mba Tari meminta hadiah terkait parenting, dan saya membagikan buku saku mendidik anak di era digital dan hasil penelitian parenting untuk anak usia dini dalam bentuk PDF.
  6. Mba Khotimus Sa'diyah atau lebih senang dipanggil Diyah. Beliau senang di keluarga traveling, sayapun memberikan link Jelajah Asia dalam rangka Anniversary IP Asia ke 2 sekaligus notulensi Jelajah Asia di Arab Saudi. Responnya sangat senang sekali, "so sweet banget hadiahnya," kata Mba Diyah mengekspresikan rasa bahagianya. Berikut linknya: http://bit.ly/JelajahASIAdi-HongKong http://bit.ly/JelajahASIAdi-Taiwan http://bit.ly/JelajahASIAdi-Qatar http://bit.ly/JelajahASIAdi-Pakistan http://bit.ly/JelajahASIAdi-Oman http://bit.ly/JelajahASIAdi-Jepang http://bit.ly/JelajahASIAdi-KoreaSelatan http://bit.ly/JelajahASIAdi-Malaysia http://bit.ly/JelajahASIAdi-UnitedArabEmirates http://bit.ly/JelajahASIAdi-Bahrain http://bit.ly/JelajahASIAdi-SaudiArabia http://bit.ly/JelajahASIAdi-Singapura http://bit.ly/JelajahASIAdi-Turki
  7. Mba Farahdiba dari IP Tangerang, keluarga favoritnya adalah keluarga agama. Saya memberikan kado spesial Ebook Taman Hadis dalam bentuk PDF. Katanya, "Wah... saya merasa tersanjung nih mba, " dengan ditambah emot love di akhir tulisannya.
  8. Mba Ika Nurmaya dari IP Gresik, kelas favoritnya bahasa. Mba Ika gabung di FLP (Forum Lingkar Pena) Sidoajo. Beliau menulis resensi film Hayya (kekuatan cinta bagian 2: Hayya), dan saya memberikannya dua hadiah berupa ebook Asma Nadia "Perjuangan Asma Nadia hingga menjadi penulis terkenal" dan ebook ikut belajar hadiah langsung dari ikut lomba menulis. Mba Ikapun memberikan saya hadiah link youtube Seni Menegur dan Memuji Anak oleh dr Aisah Dahlan. 

  9. Mba Tati dari IP Banten, saat ini fokus di craft, eco print dan beliau butuh ilmu desain, baik itu desain grafis maupun desain produk. Akhirnya saya memberikan link terkait desain grafis https://s.docworkspace.com/d/AE10z1LI9pEuwvqJ2-OmFA?fbclid=IwAR0UxQ9k-2Z4bfxuCAOSq4gyuLIdJNQo1Dv5-6ibNRo7U1IHKiNekXCUUiE 
  10. Mba Esti dari IP Gresik, dan setelah camping bareng dengan beliau ternyata kita pernah satu wadah organisasi yang sama saat kuliah. Saat ini beliau di karuniai 3 orang anak usia 5Y, 3 Y 5M dan 2Y, dan saya memberikannya hadiah terkait menggendong yang ergonomis. 
    Senangnya berbagi makanan bergizi kepada teman-teman baru, alhamdulillah semua responnya bahagia menerima hadiah yang saya berikan. Bagi teman-teman lain, yang ingin juga hadiah dari saya, bisa langsung menghubungi saya yah. 
    Merdeka belajar, Belajar Merdeka.
     
    #janganlupabahagia
    #jurnalminggu6
    #materi6
    #kelasulat
    #bundacekatan
    #buncekbatch1
    #buncekIIP
    #institutibuprofesional
     
    Irma Tazkiyya
    dari Jeddah, KSA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandiri di taman bermain

Kemandirian perlu diajarkan sedini mungkin pada anak. Karena perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Apabila anak sudah memasuki usia 1 tahun, seperti Tsaqifah Fahimmah Firdaus, nah wajib ni harus di latih kemandirian secara bertahap. Perlu proses waktu dan kesabaran untuk melatih anak usia 1 tahun untuk mandiri. Mandiri di taman bermain Pada seusia qifa (1 tahun 4 bulan), qifa dilatih untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga mampu mendukung qifa tertarik dengan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan yang besar akan membantu qifa untuk mengeksploirasi lingkungan dan kemampuan motorik. Selama lingkungan yang nyaman dan aman maka saya sebagai orangtuanya tidak usah melarangnya, perhatikan dan berikan pengawasan saja. Salam Ibu Profesional Irma Tazkiyya # Hari 3 # Tantangan10Hari # Level2 # KuliahBunSayIIP # MelatihKemandirian

Aplikasi Flightradar24

Saya mencoba melihat aplikasi apa saja yang sudah ada di android ini, ternyata ada satu aplikasi yang jarang saya pakai, yaitu aplikasi flightradar24. Aplikasi ini, sebenarnya lebih sering suami yang pakai, karena berhubungan dengan kedatangan pesawat atau aktivitas penerbangan.  Flightradar24 sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai keberadaan sebuah pesawat secara real-time di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, bukan hanya informasi mengenai nomor penerbangan pesawat, kita juga bisa melihat jenis pesawat yang sedang diterbangkan, darimana dan kemana pesawat tersebut terbang, hingga beragam data lainnya dimulai dari ketinggian pesawat dan kecepatan pesawat pada saat itu. Aplikasi ini bekerja dengan cara menangkap informasi yang dipancarkan dari alat pelacak yang disematkan pada sebuah pesawat terbang dan menampilkannya ke dalam sebuah visualisasi gambar. Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya cukup mudah. Ketika pertama kali d

Anak adalah Bintang. Part-6

Senang deh kalau sudah main di laut, apalagi kalau sudah ada ayunan nya. Qifa dengan gesit nya naik ke ayunan dibantu oleh papah. Setelah naik diayunkan  secara perlahan lahan, qifa happy banget...  Bermain tak hanya berfungsi sebagai penghibur dan pengusir rasa bosan bagi qifa. Kegiatan ini juga dapat mendukung tumbuh kembangnya qifa. Mainan dan bermain bisa membantu  merangsang perkembangan fisik, sosial emosional, dan kognitif qifa, agar kelak menjadi bintang. Bintang di hati mamah dan papah. #kuliahbundsay #day6 #semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang Irma Tazkiyya Jeddah, KSA