Langsung ke konten utama

The Jungle of Knowledge

Bunda Cekatan 
Institut Ibu Profesional

Sang ulat berada di dalam hutan rimba, begitu banyak daun-daun hijau yang akan menjadi santapan lezat. Upps... hati-hati jangan terlalu banyak makan daun-daun hijau yang berserakan, nanti kekenyangan. Makan secukupnya saja dan sesuai kebutuhan diri sendiri.

Seperti halnya ilmu yang akan kita pelajari. Tsunami informasi melanda, pintar memilih dan memakan informasi sesuai kebutuhan, itu lebih baik dari pada harus memakan semua informasi.Tahap ini kami harus mengisi panduan 2 terlebih dahulu sebagai bahan kita potluck an, bawa makanan sehat dan bagikan makanan tersebut ke seluruh teman-teman yang memerlukan agar bahagia.
Bagi saya menulis itu bisa dilakukan oleh siapapun. Menulis sama halnya seperti berkomunikasi, sebagai penyampai pesan. Sebagaimana seseorang bisa menceritakan suatu kejadian dan yang mendegarkannya memahami apa yang diceritakan. Orang tersebut berpeluang menjadi penulis, karena mampu menyampaikan pesan dengan baik.

Namun, tidak berhenti disana, seorang penulis pun harus belajar terkait teknik menulis. Di zaman millenial ini, banyak sekali sekolah-sekolah bagi yang mau belajar menulis. Ada sekolah online, banyak pula yang offline. Bisa belajar melalui artikel dan bisa juga langsung berguru dengan para penulis. Kalau mau jadi penulis, yah harus dimulai dengan menulis. Selama kita belajar dan terus belajar, tulisan kita akan menjadi penuh makna. Harus diniatkan tulisan yang bermanfaat dan mengalirkan amal kebaikan. Tulisan yang membangun peradaban bukan yang menghancurkan peradaban. Agar kelak menjadi amal jariyah diri.

Terpenting, menulislah untuk bahagia karena menulis bukan suatu beban tetapi untuk berbagi kebaikan.

---------------

Selanjutnya, saya mengisi kotak kosong dalam panduan 1.

[Kolom "Aku Tahu Tentang"]
Menuliskan apa yang saya tahu selama ini, sehingga bisa menjadi sumber ilmu bagi teman-teman yang lain.(apa yang saya tahu ini tidak harus yang tertulis di mind map ya).

  1. Alamat email beberapa penerbit. Bagi teman-teman yang mau, boleh atuh japri 😍
  2. Tumbuh kembang anak dan ide main bareng anak. Point ini saya sering ngelirik aplikasi Chai's Play. Aplikasi ini sudah saya download dan senantiasa berada di smart phone.
  3. Pertolongan pertama, karena basic pendidikan saya nurse. InsyaAllah saya paham cara yang benar dalam pertolongan pertama. Tapii tetap aja beda rasanya, klau anak sendiri yang sakit. Semoga anak-anak selalu sehat yah. aamiin
[Kolom " Aku ingin tahu tentang]
Menuliskan apa yang saya ingin ketahui, sehingga akan menemukan sumber ilmu yang tepat di hutan ini. (Sumber ilmu yang ingin saya ketahui ini, yang sudah tertulis di mind map).

1. Ilmu Tahsin. Selain belajar القاعدةلنورانية, sumber ilmu saya dari buku Abu Ya'la Kurnaedi, Lc dengan judul tajwid lengkap Asy-Syafi'i, penerbit pustaka Imam Asy-Syafi'i, diantaranya yang dibahas:
- Sifatul Huruf dan makharijul huruf
- Tajweed
- Nabr dalam membaca Qur'an
- Mengenal Rasm Utsmani
- Ta ta'nits
- Ayat-ayat gharibah

- Seputar keutamaan dan permasalahn Al-Qur'an
- Biografi para imam Qira'at 

2. Ilmu Parenting
Semenjak menjadi ibu, tentu saya dan para ibu-ibu muda akan berusaha menggali informasi tentang ilmu parenting. Banyak sumber ilmu tentang parenting. Namun, dalam prosesnya saya pun, harus belajar sabar dan 'tetap waras' saat kondisi burnout melanda.

 [Kolom "Aku belajar tentang"]
Setelah saya mencicipi setiap makanan yang dibawa secara potluck oleh teman-teman dan dihidangkan di hutan ini, saya ingin belajar tentang bahasa arab, manajemen gedget dan manajemen waktu. 





#janganlupabahagia
#jurnalminggu1
#materi1
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional



Irma Tazkiyya 
dari Jeddah, KSA 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mandiri di taman bermain

Kemandirian perlu diajarkan sedini mungkin pada anak. Karena perilaku anak dapat dibentuk dari pengaruh lingkungan, sedangkan lingkungan terbesar anak-anak adalah rumah. Apabila anak sudah memasuki usia 1 tahun, seperti Tsaqifah Fahimmah Firdaus, nah wajib ni harus di latih kemandirian secara bertahap. Perlu proses waktu dan kesabaran untuk melatih anak usia 1 tahun untuk mandiri. Mandiri di taman bermain Pada seusia qifa (1 tahun 4 bulan), qifa dilatih untuk dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain sehingga mampu mendukung qifa tertarik dengan lingkungan sekitarnya. Keingintahuan yang besar akan membantu qifa untuk mengeksploirasi lingkungan dan kemampuan motorik. Selama lingkungan yang nyaman dan aman maka saya sebagai orangtuanya tidak usah melarangnya, perhatikan dan berikan pengawasan saja. Salam Ibu Profesional Irma Tazkiyya # Hari 3 # Tantangan10Hari # Level2 # KuliahBunSayIIP # MelatihKemandirian

Aplikasi Flightradar24

Saya mencoba melihat aplikasi apa saja yang sudah ada di android ini, ternyata ada satu aplikasi yang jarang saya pakai, yaitu aplikasi flightradar24. Aplikasi ini, sebenarnya lebih sering suami yang pakai, karena berhubungan dengan kedatangan pesawat atau aktivitas penerbangan.  Flightradar24 sendiri merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai informasi mengenai keberadaan sebuah pesawat secara real-time di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, bukan hanya informasi mengenai nomor penerbangan pesawat, kita juga bisa melihat jenis pesawat yang sedang diterbangkan, darimana dan kemana pesawat tersebut terbang, hingga beragam data lainnya dimulai dari ketinggian pesawat dan kecepatan pesawat pada saat itu. Aplikasi ini bekerja dengan cara menangkap informasi yang dipancarkan dari alat pelacak yang disematkan pada sebuah pesawat terbang dan menampilkannya ke dalam sebuah visualisasi gambar. Untuk menggunakan aplikasi ini, caranya cukup mudah. Ketika pertama kali d

Anak adalah Bintang. Part-6

Senang deh kalau sudah main di laut, apalagi kalau sudah ada ayunan nya. Qifa dengan gesit nya naik ke ayunan dibantu oleh papah. Setelah naik diayunkan  secara perlahan lahan, qifa happy banget...  Bermain tak hanya berfungsi sebagai penghibur dan pengusir rasa bosan bagi qifa. Kegiatan ini juga dapat mendukung tumbuh kembangnya qifa. Mainan dan bermain bisa membantu  merangsang perkembangan fisik, sosial emosional, dan kognitif qifa, agar kelak menjadi bintang. Bintang di hati mamah dan papah. #kuliahbundsay #day6 #semuaanakadalahbintang #institutibuprofesional #kelasbundasayang Irma Tazkiyya Jeddah, KSA